Kapan Sebaiknya Bayi Mulai Dimandikan?

Memandikan Bayi

Memandikan Bayi

Bayi adalah anugerah terindah dalam kehidupan berumah tangga, selalu dinanti kehadirannya, dan menjadi malaikat yang menghibur hati para orang tua. Bayi kita begitu berharga, untuk itu berbagai aspek mulai dari kebersihan, kenyamanan, dan kesehatannya harus sangat diperhatikan. Kebersihan tubuh berkaitan erat dengan kesehatan bayi dan merupakan hal sangat penting karena banyak sekali faktor lingkungan yang dapat membahayakan atau mendatangkan penyakit bagi bayi kita. Faktor lingkungan tersebut antara lain virus, radiasi, bahaya kimiawi, dan sebagainya, apalagi bayi masih sangat sensitif terhadap lingkungan. Fungsi tubuhnya belum dapat berjalan dengan sempurna layaknya orang dewasa dan sistem pertahanan tubuh masih lemah sehingga sangat rentan terkena alergi dan penyakit lain.

Hal utama dalam menjaga kebersihan badan bayi adalah saat memandikan bayi. Memandikan bayi yang benar adalah suatu cara membersihkan tubuh bayi dengan air dengan cara menyiram, merendam diri dalam air berdasarkan urut-urutan yang sesuai (Choirunisa, 2009). Waktu pertama memandikan bayi adalah minimal setelah 6 jam  kelahirannya. Apabila ibu memandikan bayi beberapa saat setelah lahir (beberapa jam pertama kehidupan), dapat mengarah pada hipotermi (menyebabkan bayi kedinginan) dan sangat membahayakan keselamatan bayi. Pada minggu-minggu pertama kelahirannya, tidak perlu terlalu sering memandikan bayi, cukup sekali dalam sehari dan sebaiknya di waktu pagi. Sedangkan pada sore hari cukup dikompres atau dibersihkan dari keringat.
Bagian yang perlu diperhatikan saat memandikan bayi adalah membersihkan daerah-daerah yang rawan seperti bekas lipatan popok dan daerah leher karena biasanya terdapat bekas ASI. Bagian tersebut sering terlewatkan ketika ibu memandikan bayi sehingga mudah terkena kuman penyakit dan menjadi bagian yang paling sering terjadi iritasi kulit.

Ikatan Batin Bayi dan Ibu

Ikatan Batin Bayi dan Ibu

Setelah bayi mulai tumbuh, memandikannya menjadi suatu kebiasaan yang rutin. Waktu yang tepat saat memandikan bayi sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti namun memandikan bayi sebelum menyusui biasanya lebih dianjurkan karena dapat membuat bayi lebih rileks, lebih tenang, dan lebih merasa nyaman sehingga proses menyusui juga menjadi lebih optimal. Selain itu, memandikan bayi sebelum menyusui juga dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak.

Pada saat mandi, suhu air yang digunakan saat memandikan bayi sebaiknya tidak terlalu dingin dan tidak telalu panas. Suhu terlalu dingin dapat menyebabkan bayi hipotermia, sedangkan suhu terlalu panas dapat mengakibatkan luka bakar pada kulit bayi yang sensitif. Suhu yang tepat adalah suam-suam kuku atau hangat, sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan suhu kamar. Alasannya karena selain lebih aman, juga lebih membuat bayi merasa nyaman.

Banyak manfaat yang didapat dari memandikan bayi, selain membersihkan tubuh bayi, waktu mandi juga dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi. Sentuhan lembut dan dekapan erat ibu dapat memberikan efek psikologis yang baik bagi perkembangan bayi. Jadi sebagai ibu yang baik, memandikan bayi dengan benar adalah salah satu perwujudan kasih sayang Anda pada buah hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s