Mengatasi Bayi Susah BAB

Bayi susah BAB, tips kehamilan, kebutuhan bayi, shampoo bayi, perlengkapan bayi, zwitsal, zwitzal, zwitsal baby, zwitsal baby cream, zwitsal baby hair lotion, zwitsal baby products, zwitsal hair lotion, zwitsal indonesia, zwitsal kids, zwitsal.co.id

Sembelit

Masa Bayi merupakan masa peralihan dan penyesuaian diri dari lingkungan dalam kandungan yang aman dan terlindung ke lingkungan luar yang penuh dengan ancaman. Ancaman dapat berasal dari mana saja, mulai dari makanan, debu, kotoran, pakaian, dan sebagainya. Ancaman paling rentan adalah yang berasal dari makanan karena merupakan bahan dari luar yang berinteraksi langsung dengan saluran pencernaan bayi.

Pada saat usia dibawah enam bulan, makanan bayi yang dianjurkan hanya ASI eksklusif, karena selain lebih higienis dan terjamin, ASI  juga sangat sesuai dengan sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Setelah lebih dari 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI seperti susu formula, bubur susu, kemudian dilanjutkan dengan bubur tim, bubur biasa, hingga makanan keluarga setelah berusia satu tahun. Jenis dan tekstur makanan yang diberikan kepada bayi akan dicerna, diserap zat gizinya, kemudian dikeluarkan sisa pencernaan berupa feses saat bayi buang air besar. Jenis makanan yang tidak sesuai terkadang mempengaruhi frekuensi buang air besar pada bayi, dapat menyebabkan bayi diare atau sembelit. Masalah diare sudah sering terjadi, penyebabnya sangat banyak dan sudah dibahas di berbagai literatur. Permasalahan yang sering diabaikan adalah ketika bayi mengalami kesulitan buang air besar.

Kelainan hirschsprungs, tips kehamilan, kebutuhan bayi, shampoo bayi, perlengkapan bayi, zwitsal, zwitzal, zwitsal baby, zwitsal baby cream, zwitsal baby hair lotion, zwitsal baby products, zwitsal hair lotion, zwitsal indonesia, zwitsal kids, zwitsal.co.id

Kelainan hirschsprungs

Frekuensi buang air besar pada bayi memang tidak seperti orang dewasa yang setiap hari, namun apabila lebih dari satu minggu bayi tidak dapat buang air besar, harus segera diperiksakan ke ahli kesehatan. Baru-baru ini ditemukan penyakit kelaianan pada saluran pencernaan bayi yang disebut kelainan hirschsprung. Kelainan ini terjadi pada syaraf usus besar paling bawah, mulai anus hingga ke bagian usus di atasnya, termasuk ganglion parasimpatis, yang mengatur pergerakan usus hingga membuat usus tidak dapat bergerak melebar dan menyempit. Hal ini menyebabkan feses bayi tidak dapat dikeluarkan dan menumpuk di saluran cerna bawah. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka feses akan membusuk dan menimbulkan peradangan sehingga harus segera ditangani.

Namun, tidak semua kesulitan buang air besar pada bayi disebabkan oleh kelainan saluran pencernaan. Biasanya asupan bayi yang kurang mengandung serat menyebabkan kesulitan buang air besar. Untuk mengatasinya, bagi bayi berusia 0 – 6 bulan yang masih mengkonsumsi ASI eksklusif, peningkatan asupan makanan berserat dilakukan oleh ibu. Apabila ibu mengkonsumsi sayuran berserat tinggi seperti daun katuk, daun ketela, dan daun kacang panjang maka ASI yang dikeluarkan juga banyak mengandung serat. Serat akan memperlancar pencernaan makanan di perut bayi sehingga akan memperlancar proses buang air besar. Untuk bayi di atas 6 bulan yang sudah mendapat makanan pendamping ASI, asupan makanan berserat dapat ditambahkan dalam menunya, misalnya pada bubur tim ditambahkan bening daun katuk yang diblender, atau dihaluskan.

Advertisements

2 thoughts on “Mengatasi Bayi Susah BAB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s