Beberapa Cara Mencegah Penyakit ISPA

Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi Saluran Pernafasan

Berbicara mengenai penyakit ISPA adalah erat hubunganya dengan masalah ketahanan tubuh seseorang. Karena itu sangat rentan penularannya kepada anak-anak. Dimana penyebab penyakit Infeksi Saluran Pernapasan di Indonesia lebih banyak karena adanya virus, bakteri, alergi dan perubahan cuaca yang ekstrim. Setelah mengetahui garis besar dari penyebabnya ada baiknya jika kita juga mengetahui cara mencegah dan mengobatinya.
Beberapa cara mencegah penularan penyakit ISPA adalah sebagai berikut :
• Khusus pada anak-anak selalu perhatikan asupan gizi setiap hari dimana sebagai orang tua harus memperhatikan jumlah vitamin dan nutrisi yang diberikan apakah cukup apabila tidak bisa juga dibantu dengan memberikan suplemen tambahan. Jika masih balita berikanlah ASI dan imunisasi lengkap agar membentengi balita dari virus dan bakteri yang berbahaya.
• Sama seperti anak-anak orang dewasa juga memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi, tapi karena orang dewasa sudah bisa mengerti dan dapat mencari sendiri makanan untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh maka hal ini tidak terlalu bermasalah. Hanya saja menjaga pola hidup sehat adalah hal yang penting serta menghentikan gaya hidup yang merusak kesehatan seperti merokok dan makan tidak tepat waktu yang dapat menurunkan ketahanan tubuh anda.
• Menjaga kebersihan keluarga dan lingkungan sehingga ikut menghindarkan tumbuh dan berkembangnya bakteri dan virus yang datang menghadang
Tapi apabila sudah menjalankan segala pencegahan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan diatas tapi masih juga tertular yang harus anda lakukan adalah menggunakan masker agar tidak menulari orang lain untuk anak-anak segera kenakan baju hangat agar terhindar dari udara dingin beri asupan makan hangat hindari makanan dan minuman dingin (mengandung es). Untuk orang dewasa cobalah minum obat sakit kepala, batuk , dan pilek tapi apabila selama 3 hari tidak juga sembuh segera bawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat agar bisa segera ditangani oleh dokter.

Sumber . . .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s