Kolak Karamel

menu sehat

menu sehat

Kolak tidak hanya ada waktu Bulan Ramadhan saja. Kolat tidak hanya dari pisang saja. Jika, anda dan keluarga salah satu penggemar kolak. Ada menu sehat yang bisa anda coba. Menu kali ini adalah inovasi dalam kolak. Berikut cara membuatnya,
Bahan membuat karamel :
1. Gula pasir 400 gram
2. Gula merah 200 gram, disisir halus
3. Air panas 300 mlBahan :
1. Labu kuning 1 kg, potong kotak-kotak
2. Kolang kaling 150 gram, dibelah dua
3. Pisang tanduk atau pisang kepok 6 buah, dipotong serong
4. Nangka 10 buah dipotong panjang
5. Santan 2000 ml
6. Gula pasir 50 gr
7. Daun pandan 3 lembar
8. Garam ¼ sendok teh
9. Daun pandan 3 lembar
Cara pembuatan :
1. Panaskan gula pasir dan gula merah dalam wajan hingga gosong. Tambahkan air panas dan aduk sampai larut. Jadilah karamel
2. Panaskan santan, karamel, labu kuning, daun pandan, gula pasir, dan garam. Aduk semua sampai mendidih
3. Masukkan kolang-kaling dan pisang. Masak sampai matang baru masukkan nangka dan aduk kembali hingga rata.
4. Matikan api.
Kolak kali ini berbeda karena memakai gula putih yang diolah terlebih dahulu. Rasanya manis, gurih, dan aroma nangkanya menambah kenikmatan masakan ini. Cocok dinikmati saat sore hari, saat udara sudah mulai dingin. Menu bebas lemak spesial untuk keluarga anda.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s