Anak Usia 1 Tahun

Perkembangan anak usia dini yang paling menonjol menurut saya adalah pada saat umurnya menginjak satu tahun. Di usia ini kebanyakan anak yang mulai bisa berjalan dan berbicara seperti yang dialami buah hati saya. Ketika umurnya menginjak 11 bulan dia sudah mulai bisa berjalan namun masih membutuhkan pendampingan karena belum bisa seimbang. Lambat laun saya mulai melepaskan pegangannya dan dia juga mencoba melangkah sendiri.

 

Saya masih mengingat saat-saat buah hati saya mulai belajar melangkahkan kakinya dan masih terbayang oleh saya ekspresinya. Sebelum melangkah dia menatap dulu ke arah saya mungkin dia ingin saya tetap memperhatikannya. Dengan senyum jailnya dia mulai mencoba dan saya juga berada di dekatnya untuk menjaganya. Selangkah dua langkah ia masih bisa seimbang saat melanjutkan ke langkah berikutnya dia terjatuh. Kami berdua tertawa terbahak-bahak seolah dia juga mengerti jika tingkahnya sangat menggemaskan.

 

Kegiatan tersebut hampir setiap hari saya lakukan sampai akhirnya dia bisa berjalan sendiri pada saat umurnya tepat satu tahun. Setelah bisa berjalan dia juga mulai bisa berbicara dengan jelas dan terkadang dapat meniru apa yang didengarnya. Pada saat seperti ini anda sebagai orang tua harus memberi perhatian yang maksimal. Sehingga jika ada kata-kata yang kurang baik didengarnya anda bisa memberi pengertian langsung agar tidak ditiru.

 

Mungkin banyak orang tua yang kecolongan dalam hal seperti itu karena mereka juga ada kepentingan lain yang harus dikerjakan. Namun setidaknya ada waktu luang di mana anda bisa memberikan pengetahuan akan banyak hal yang baik dan buruk dalam kehidupan. Dengan begitu perkembangan anak usia dini yang dilewatinya selalu menuju ke arah yang positif. Jangan sampai nantinya dia malah tumbuh dengan akhlak yang kurang baik karena kurangnya perhatian dari kedua orang tua.

Leave a Reply

