Mengenalkan Pola Tidur Pada Bayi

bayi baru lahir tidur

bayi baru lahir tidur

Perawatan bayi baru lahir adalah sesuatu yang harus dipahami orangtua dengan sangat baik. Salah satunya adalah mengenai pola tidur bayi. Bayi yang baru lahir belum mengenal perbedaan waktu siang dan malam hingga berusia 8 minggu. Inilah sebabnya bayi sering tertidur di siang hari dan terbangun di malam hari. Waktu tidurnya pun sangat singkat. Seringkali orangtua, terutama sang ibu harus rela terganggu waktu tidurnya di malam hari karena hal ini. Untuk memperkenalkan pola tidur yang baik pada bayi, anda bisa melakukan beberapa kebiasan seperti berikut ini.

Jika bayi tertidur di pangkuan anda atau ketika ia sedang menyusui, baringkan ia di tempat yang sama. Misalnya di tempat tidur anda atau di box bayi. Nanti ketika usia bayi sudah mencapai 6 minggu atau lebih, segera baringkan ketika ia sudah mulai merasa mengantuk (belum tertidur). Hal ini akan membuat ia terbiasa dengan tempat tidurnya, dan akhirnya ia pun bisa tertidur tanpa harus digendong atau disusui terlebih dahulu.

Selanjutnya, anda bisa memperkenalkan waktu siang dan malam dengan mengajaknya berbicara serta membuatnya terbiasa dengan suara TV atau radio di siang hari, dan sebaliknya, menciptakan lingkungan yang sepi di malam hari. Jika bayi anda sulit tertidur di malam hari, matikan lampu, peluk ia, lalu pura-puralah tertidur. Cara ini tak hanya akan membuatnya membedakan siang dan malam, tetapi juga membedakan kapan saatnya tertidur dan terbangun. Semoga artikel mengenai perawatan bayi baru lahir ini bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s