Dampak Kesalahan Data pada Global Distribution System

GDS fare merupakan sejumlah tarif yang dimuat pada sistem global. Jenis tarif yang ditampilkan adalah tarif dari tiap maskapai penerbangan. Saat ini banyak negara yang memiliki maskapai sendiri sehingga semakin banyak pula yang harus disimpan dan diakses oleh banyak orang. Data yang terpisah ini akan menyullitkan para calon penumpang untuk melihat ketersediaan tempat duduk jika mereka harus membuka situs maskapai satu persatu. Untuk membuat pencarian informasi ini lebih efisien, maka digunakanlah Global Distriution System yang disingkat GDS.

Pada sistem ini anda akan melihat banyak tarif GDS yang sudah diupload oleh berbagai maskapai. Uniknya. Tarif ini bukan merupakan tarif yang statis karena selalu berubah-ubah mengikuti minat penumpang pada jam penerbangan tertentu. Jika tarif yang dimuat tidak sesuai maka akibatnya adalah:

  • Penumpang akan berpindah ke maskapai yang lebih murah,
  • Maskapai penerbangan kehilangan penumpang,
  • Kerugian di pihak maskapai penerbangan.

Persoalan GDS fare memang tidak bisa dianggap remeh karena sebagai sebuah perusahaan besar, maskapai harus bisa menyajikan data tarif tiket yang terbaru kepada penumpangnya dan menjamin data tersebut valid saat terjadi transaksi pembayaran. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi banyaknya data tarif ini? Pengelola maskapai penerbangan tidak perlu merekrut banyak karyawan karena sudah ada perusahaan jasa yang bersedia melakukan pemuatan tarif dengan biaya yang lebih rendah daripada jika perusahaan tersebut menangani proses pemuatan tarif sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s