Mengenal Jenis Pompa

Reciprocating pump merupakan salah satu jenis pompa yang cukup dikenal. Pada umumnya, pompa digunakan untuk memindahkan suatu cairan dari sebuah suatu tempat ke tempat yang lain. Prinsip kerja pompa itu sendiri adalah dengan memberikan energy tekanan pada cairan yang dilakukan secara terus menerus sehingga cairan yang dimaksud dapat berpindah sesuai keinginan. Hal yang sama terjadi pada prinsip kerja yang digunakan oleh pompa ini.

Lalu dengan prinsip kerja yang serupa, apakah ada yang menjadi pembeda antara pompa torak dengan pompa jenis lainnya? Tentu saja. Berikut ini beberapa perbedaan dengan pompa lainnya, yaitu:

  1. Pompa ini termasuk ke dalam PDP atau jenis Positive Displacement Pump yang berbeda dari jenis VHCP atau Variable Head Capacity Pump.
  2. Kapasitas dan tekanan yang dihasilkan berasal dari adanya perpindahan, bukan dari pergerakan pemutaran kipas seperti yang terajdi pada VHCP.
  3. Pompa ini tidak membutuhkan priming karena gerakan piston memerngaruhi cairan yang berpindah.

Selain itu, fungsi setiap pompa pun berbeda tergantung dari jenis cairan yang dipindahkan. Reciprocating pump lebih cocok digunakan untuk cairan kental seperti lumpur atau slurries dengan kapasitas rendah. Selain itu, cairan yang mudah menguap pun cocok untuk jenis pompa yang satu ini. Sedangkan pompa lainnya yang termasuk VHCP digunakan untuk cairan dalam jumlah kapasitas yang besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s