Tips Mencegah Radang Usus Besar

radang usus besar

Kesehatan adalah harta kita yang paling berarti. Tanpa tubuh yang sehat, anda tidak akan mampu menikmati dunia, bekerja, atau melakukan beragam kebaikan. Untuk itu, tindakan pencegahan terhadap penyakit adalah hal yang wajib dilakukan oleh manusia. Misalnya pada penyakit radang usus besar.

Sebagian besar penyakit datang dari kuman yang menginfeksi tubuh kita, entah secara langsung maupun tidak. Kalaupun awalnya penyakit itu bukan dari kuman, tetap saja akan semakin parah bila ada kuman yang menyerang. Contohnya kasus kanker yang terjadi akibat abnormalitas sel. Luka kanker akan semakin parah kalau ada bakteri yang menginanginya. Oleh karena itu, anda harus selalu menjaga diri dari serangan bakteri. Salah satunya membersihkan tubuh dengan sabun lifebuoy.

Diet Tinggi Serat

Serat akan mengikat sisa makanan yang tidak digunakan, kemudian membuatnya melalui anus. Dengan hadirnya serat dalam saluran pencernaan, tugas kolon untuk mengeluarkan sampah manusia ini menjadi lebih ringan. Feses kita menjadi lunak dan tidak perlu tenaga ekstra untuk membuangnya.

Sayangnya, sebagian besar masyarakat kita kurang mengonsumsi serat dalam makanan hariannya. Akibatnya, ia sering mengalami sulit buang air besar (BAB) dan pada tingkat yang parah menderita radang kolon.

Lihat saja daftar menu harian generasi muda sekarang, pasti kebanyakan lebih memilih menu ayam, telur, junk food, dan ditambah dengan minuman berpengawet. Nah, sampah di kolon yang tidak segera dibuang ini menyebabkan serangkaian penyakit mengerikan.

Jaga Kebersihan

Kesalahan lain dalam hidup manusia yang menyebabkan radang usus besar adalah kurang menjaga kebersihan, baik diri ataupun lingkungan. Pastikan piring, gelas, dan peralatan makan lainnya dicuci bersih agar tidak ada kuman yang menempel.

 Kedua, anda juga wajib mencuci tangan sebelum makan. Bukan hanya dengan air bersih saja, tapi juga menggunakan sabun lifebuoy. Sabun ini dapat membunuh kuman berbahaya yang akan menyerang pencernaan. Ketika cuci tangan, pilih air mengalir yang tidak diinangi kuman. Kalau dua hal ini dapat dilakukan dengan baik setiap hari, penyakit pencernaan seperti ulkuseris kolitis bisa dicegah dengan baik. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s