Inilah Bahaya Penyakit Ebola

Penularan Penyakit Ebola

Kalau di Indonesia sempat heboh mengenai flu burung yang menyerang unggas dan mematikan ribuan unggas milik warga Indonesia, di Afrika khusunya di Kongo sedang prihatin menghadapi wabah ebola yang tiada habisnya. Penyakit ebola terus mewabah di beberapa negara bagian benua Afrika. Hingga kini, ditemukan beberapa jenis virus ebola yang menyerang pasien. Untuk virus ebola yang masuk kedalam tubuh manusia terdiri dari tiga macam, yaitu ebola zaire, ivory coast, dan sudan. Untuk virus ebola yang menyerang hewan adalah jenis ebola Reston. Ebola yang menyerang manusia ataupun hewan sama-sama dapat mengakibatkan kematian bagi penderita.

Penyebab dan gejala ebola dapat dideteksi dari beberapa faktor. Proses penularan ebola yang sangat mudah semakin membuat panik bagi warga Afrika. Apalagi virus ini meyebar dengan sangat cepatnya membunuh ribuan warga afrika. Berikut adalah proses penularan virus ebola dari pasien satu ke yang lainnya:

  • Pasien melakukan kontak fisik dengan pederita ebola. Pasien menyentuh tubuh penderita ataupun terkena tetesan keringat penderita.
  • Memakan makanan yang dimakan oleh penderita ebola. Ataupun menyentuh barang yang telah disentuh oleh penderita.
  • Untuk masyarakat Afrika yang masih primitif, mereka meyakini bahwa dengan mengucapkan nama “ebola” mereka dapat terjangkit virus tersebut.

Penyakit ebola patut di waspadai agar penularannya dapat dihentikan. Saran dari pihak medis hendaknya dipatuhi agar tidak semakin banyak korban yang berjatuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s