Apa Itu Sampah Organik ?

Sampah organik adalah,sampah yang tergolong sampah yang mudah membusuk ,yaitu seperti sisa makanan, sisa sayuran, daun kering, kulit buah dan bangkai hewan. Tetapi sampah ini masih bisa dipakai atau dikelola dengan prosedur yang benar yaitu dengan didaur ulang menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sampah sendiri dibagi menjadi sampah yang basah. Istilah sampah basah dimaksudkan sampah mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. Contohnya kulit buah dan sisa sayuran. Kemudian sampah yang kering.
Sementara bahan yang termasuk sampah yang kering adalah bahan organik lain yang kandungan airnya kecil. Contoh sampah kering di antaranya kertas, kayu atau ranting pohon, dan dedaunan kering.
Selain itu ada beberapa prinsip pengolahan sampah yang bisa diterapkan dalam pengolahan sampah yang biasa disebut 4R, yaitu : mengurangi ( reduce ) artinya sebisa mungkin meminimalisasi barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan. Kemudian yang kedua adalah menggunakan kembali ( reuse ) artinya, sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang sekali pakai. Yang ketiga adalah mendaur ulang ( recycle ) artinya ,sebisa mungkin barang-barang yang sudah tidak berguna didaur ulang lagi. Tidak semua barang bisa didaur ulang, tetapi saat ini sudah banyak industri tidak resmi dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain. Yang terakhir adalah mengganti artinya, gantilah barang-barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama.
Kemudian selanjutnya ada beberapa kelebihan mengolah sampah organik, yaitu mampu menyediakan pupuk organik yang murah dan ramah lingkungan, kemudian mengurangi tumpukan sampah yang berserakan di sekitar tempat tinggal. Membantu pengelolaan sampah secara dini dan cepat. Menghemat biaya pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA). Mengurangi kebutuhan lahan tempat pembuangan sampah akhir (TPA). Menyelamatkan lingkungan dari kerusakan dan gangguan berupa bau, selokan macet, banjir, tanah longsor serta penyakit yang ditularkan oleh serangga dan binatang pengerat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s