4 Waktu yang Perlu Menunda Pemberian Pijat Bayi

Mengetahui tahap perkembangan bayi memang akan membantu setiap orangtua untuk memberikan apa yang dibutuhkan si kecil. Tahapan ini tentunya memiliki beberapa macam dan menjadi hal mudah diketahui jika terbangun kedekatan dengan buah hati. Maka sangat penting sekali membangun hubungan dan kedekatan terlebih dahulu dengan anak Anda. Sehingga memahami ekspresi buah hati untuk kemudahan Anda memberikan apa yang dibutuhkan mengingat anak masih terbatas kemampuan berbicaranya.

Membantu Anda untuk membangun kedekatan hubungan sebagai upaya memahami tahap tumbuh kembang bayi maka bisa memberikan pijatan. Teknik pijatan sederhana sekalipun memiliki manfaat yang kaya, namun memberikan pijatan ternyata tidak bisa diberikan kapan saja. Ada beberapa moment yang membuat Anda perlu menunda keinginan memberikan pemijatan kepada si kecil. Memahami waktu yang tepat atau sebaliknya akan mengoptimalkan manfaat dari pemijatan yang diberikan, terlebih tindakan ini merupakan perawatan bayi yang mudah dilakukan.

Adapun beberapa waktu yang perlu menunda dahulu keinginan memijat si kecil agar tahap perkembangan bayi tidak terganggu adalah:

  1. Usai memberikan makan atau minum sebaiknya bayi tidak langsung dipijat sebab bisa menganggu proses pencernaan dari apa yang masuk ke pencernaan.
  2. Saat bayi terlihat mulai mengantuk dan ingin tidur maka sebaiknya tunda dulu keinginan Anda memberikan pijatan.
  3. Ketika anak sakit, maka jangan memberikan pijatan, sebab jika dipaksakan akan berdampak buruk bagi kesehatan si kecil.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s