Faktor-Faktor Penentu Bagi Pertumbuhan Bayi Hingga Dewasa

Setiap kali seorang bayi dilahirkan di muka bumi ini, maka pada saat itu terjadi sebuah proses tahap perkembangan bayi yang nanti bisa membentuknya menjadi buruk atau baik. Sebagai orang tua kita juga harus mengetahui berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan seorang anak. Seperti kita ketahui, masa pertumbuhan pada bayi mulai 0-12 bulan pertama adalah sesuatu yang sangat menakjubkan. Perkembangan fisik anak, perilaku serta cara berpikirnya, terjadi secara cepat pada masa ini sehingga sangatlah diperlukan dukungan dari kedua orang tuanya.

Tahap Perkembangan Bayi

Tahap Perkembangan Bayi

Orang tua juga harus bisa mengesampingkan kepentingan pribadi mereka agar bisa mengikuti tahap perkembangan pada bayi tersebut, sehingga bisa didapatkan pola perilaku bayi yang sehat dan juga cerdas. Seperti kita ketahui ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan pola pikir atau perilaku bayi, seperti:

  • Genetik/keturunan, biasanya diturunkan dari gen atau sel keturunan kedua orang tuanya,
  • Lingkungan, baik lingkungan sebelum atau sesudah bayi tersebut lahir, keduanya juga sangat mempengaruhi bagaimana si bayi bisa berinteraksi lebih jauh dengan orang-orang sekitarnya.

Selain faktor tersebut, asupan makanan dengan nutrisi yang tepat juga harus diberikan kepada bayi sebagai bentuk dukungan orang tua terhadap perkembangannya. Nutrisi ini yang akan menjembatani antara stimulasi yang dirasakan oleh anak dengan sistem fisiologis anak, sehingga ketika keduanya berjalan seimbang maka akan diperoleh sebuah proses tahap perkembangan bayi yang maksimal dan juga optimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s