Makanan Untuk Mencegah Dan Mengendalikan Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang saat ini menghantui orang-orang yang jauh dari kebiasaan pola hidup sehat. faktor makanan dan gaya hidup menjadi penyebab terbanyak melonjaknya kadar gula darah. Untuk menjauhkan dari penyakit berbahaya ini bukan berarti anda harus menjalani hidup dengan serba terbatas, menjalankan diet rendah gula yang menyiksa. Mengurangi konsumsi gula bisa dilakukan dengan lebih mudah, yakni mengganti gula pasir dan pemanis lainnya dengan gula tebu produk tropicana slim yang membuat anda masih bisa menikmati aneka minuman dan makanan bercitarasa manis tanpa khawatir melonjaknya gula darah. Selain itu, anda juga harus mengetahui berbagai jenis makanan untuk diabetes sebagai menu harian yang bisa anda pilih untuk mencegah kebosanan, seperti berikut ini:

  1. Kacang-kacangan

Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang secara rutin dapat menurunkan risiko terkena diabetes sebanyak 21 persen. Berbagai jenis kacang-kacangan seperti walnut atau kacang kenari, almond, dan kacang mete juga memiliki manfaat yang sama. Orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Satu ons kacang menyediakan sumber lemak sehat yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan menghindarkan anda dari nafsu makan berlebih.

  1. Oatmeal

Untuk mengontrol kadar gula darah, anda bisa menjadikan oatmeal atau bubur gandum sebagai menu sarapan pagi. Jenis serat yang terkandung dalam gandum yaitu beta-glukan memberikan pengaruh positif bagi penderita diabetes. oatmeal mengandung serat larut yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut dan dapat mengendalikan gula darah.

  1. Buah jeruk

Penderita diabetes cenderung memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh mereka. Hal ini menjadikan buah jeruk sebagai salah satu pilihan jenis makanan untuk diabetes yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C penderita diabetes. Beberapa jenis jeruk seperti lemon, limau, dan grapefruit memiliki sifat seperti insulin yang dapat mencegah diabetes tipe 2.

  1. Putih telur

Telur merupakan jenis makanan yang baik untuk membentuk otot karena kandungan proteinnya yang tinggi. Penderita diabetes sangat baik mengkonsumsi putih telur karena kaya protein namun rendah karbohidrat.

Itulah 4 makanan untuk mencegah dan dan mengendalikan diabetes, semoga bermanfaat.

Leave a comment