Manfaat Menakjubkan Untuk Bayi Dan Ibu Dengan Inisiasi Menyusui Dini

Bagi bayi yang baru lahir, asupan nutrisi paling penting bagi mereka adalah asi yang berasal dari orang tua. Proses menyusui sesegera mungkin setelah mereka keluar dari kandungan inilah yang dikenal sebagai inisiasi menyusui dini. Mengingat tentunya banyak diantara Anda sendiri yang sudah mengenal apa peran asi pertama yang dikeluarkan oleh ibu. Kandungan zat nutrisi yang ada didalamnya sangatlah tinggi. Bahkan digadang-gadang ialah yang menjadi sumbat daya tahan tubuh paling baik bagi bayi yang baru lahir.

Hanya saja juga demikian, belakangan ini memang kurang sekali kesadaran wanita yang ingin memberikan asi secara dini bagi buah hati mereka. kebanyakan diantaranya baru berani menyusui secara eksklusif atau bahkan 2 hari setelah keluarnya asi pertama, sehingga si kecil tak mendapatkan manfaat yang sangat tinggi tersebut. Bahkan lembaga kesehatan dunia sendiri yaitu WHO ini sangat menganjurkan inisiasi ibu menyusui dini ini. Adapun banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalankan program IMD tersebut, baik bagi buah hati maupun ibu, diantaranya adalah :

  1. Memungkinkan bayi dalam mendapatkan colostrums, colostrums merupakan sebuah at yang hanya ada pada asi pertama yang dikeluarkan oleh wanita setelah melahirkan. Umumnya cairan pertama ini memiliki warna bukan putih pekat, melainkan kuning, inilah yang memiliki manfaat sangat tinggi, utamanya adalah digunakan dalam mencegah penyakit atau tingkatkan daya tahan tubuh bayi.
  2. Menunjang keberhasilan pemberian asi eksklusif. Tentunya sudah tak asing bagi Anda bahwa ada beberapa ibu atau wanita yang memiliki masalah dengan asi mereka. air susu tak bisa keluar secara lancar sehingga terkadang membuatnya tak bisa berikan bayi asi secara eksklusif. Hal ini salah satunya disebabkan karena tak adanya IMD.
  3. Bisa membangun kedekatan antara anak dan juga ibunya, banyak penelitian yang sudah membuktikan, bahwa ternyata kulit bayi yang bersentuhan secara langsung dengan kulit ibunya, khususnya ketika pertama kali diberikan asi, maka kedekatan yang terjalin jauh lebih kuat, hingga mereka dewasa nantinya.
  4. Bayi yang mendapatkan IMD akan jauh lebih tenang, bahkan ketika menangis sekalipun reaksi mereka masih masuk dalam kategori wajar.
  5. Bisa digunakan untuk tingkatkan kesehatan, penelitian menunjukkan bahwa daya tahan terbaik yang didapatkan oleh bayi yang baru lahir adalah bersumber pada perolehan asi pertama mereka.
  6. Membantu proses pemulihan ibu sehabis melahirkan secara lebih cepat, dibandingkan dengan obat-obatan kenyataannya pemulihan berangsur cepat jika wanita menyusui bayinya sendiri.

Sangat banyak bukan, untuk itulah Anda calon ibu sebaiknya mulai mengusahakan keberadaan inisiasi menyusui dini ini. Karena manfaat yang diberikan banyak, tak hanya bagi buah hati saja, melainkan juga diri Anda sendiri.

Sumber terkait : Pengaruh Inisiasi Menyusui Dini Pada Bayi Dan Ibu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s